Rabu, 03 Agustus 2011

Nama : Febi Kurnia Dinanty
NISN : 97 9953722995 9
Kelas  : XI TKJ A 
Mata Pelajaran : Setting Ulang LAN (Local Area Network)
Sekolah : SMK NEGERI 8 Malang
Pemberi Tugas : Ahmad Darwis Suryantoro
 
1.       Penjelasan tentang  Server :
Server adalah sebuah sistem computer yang menyediakan sebuah layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Dalam pelaksana’an ini kita membutuhkan prosessor (scalable). RAM yang  berkapasitas besar, dan OS yang khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan/ network operating system. Disini server juga menjalankan sebuah perangkat lunak administrative yang mengontrol akses terhadap jaringan dan seumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas/ alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan komputer. Server sendiri biasanya terhubung dengan client menggunakan media kabel UTP dan NIC.
Contoh sistem operasi server adalah ;
a.       Windows NT 3.51
b.      Windows NT 4.0
c.       Windows server 2000
d.      Windows server 2003
e.      Sun Solaris
f.        Unix
g.       GNU/Linux 
      
Berikut adalah beberapa jenis server :
a.Server Aplikasi

Yaitu server yang mempunyai fungsi sebagai penyimpanan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client dan server aplikasi itu sendiri.
b. Server Proxy

Yaitu server yang mempunyai fungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan di dalam jaringan melalui pengaturan proxy.

    


      c. Server Message Block (Samba)

Yaitu protocol file sharing dan printer sharing untuk menyaingi protocol Novell’s IPX-based. Protocol ini digunakan pertama oleh protocol : TCP/IP, NetBEUI,IPX/SPX. 
d. FTP server

Yaitu protocol yang berfungsi untuk menjalankan software yang memberikan sebuah layanan untuk saling tukar menukar file dimana server siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan dari FTP client. Tujuan dari FTP server adalah ;

a.       Untuk tujuan sharing data

b.      Untuk menyediakan indirect/ implicit remote computer

c.       Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user

d.      Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
e. Domain Name System (DNS)

Yaitu sebuah aplikasi service internet yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah domain name ke IP addressdan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemettaan IP address ke Fany Qualified Domain Name & dari FQDN ke IP address.
f. Web Server
g. Mail Server
      

2.  Penjelasan tentang Workstation :
Yaitu computer yang dipakai oleh pengguna dan terhubung oleh sebuah jaringan ( tidak standalone ). Komputer workstation ini menggunakan OS UNIX dan menggunakan processor RISC powerful (seperti ALPHA/ MIPS). Workstation ini biasanya terhubung 1 sama lainnya dan membentuk  sebuah jarinan computer yang menggunakan data base untuk keperluan perusahaan. Istilah lain, networking/ workstation merupakan computer sebagai client.



 
3.       Penjelasan tentang Network Interface Card (NIC)
NIC sering disebut juga Ethernet Card, digunakan untuk meghubungkan sebuah computer ke jaringannya. NIC memberikan suatu koneksi fisik antara kabel jaringan dengan BUS internal computer.  NIC, mempunyai sebuah fungsi, yaitu ;
a.       Media pengirim data ke computer lain di dalam jaringan
b.      Mengontrol data flow anatra computer dan sistem kabel
c.       Menerima data yang dikirim dari computer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh computer.

    
4.       Penjelasan tentang HUB

Disebut juga repeater hub yang merupakan komponen jaringan yang digunakan di dalam jarinngan 10Mbps tradisional untuk menghubungkan computer – computer dalam skala kecil (LAN). HUB juga merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1(physical layer).

Pada perangkat hub, semua anggota jaringan yang terhubung dengan perangkat ini melakukan transmisi data pada jaringan (collision domain). Ini berarti,jika lebih dari 1 komputer mengirim data ke jaringan secara bersamaan, maka tidak satupun computer yang dapat memanfaatkan 100% bandwidth jaringan yang tersedia.

Fungsi sendiri dari HUB adalah ;

a.       Memfasilitasikan penambahan, penghilangan, atau penambahan workstation

b.      Menambah jarak network (fungsi sebagai repeater)

c.       Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI)

d.      Menawarkan feature yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan)

e.      Memberikan menegement yang tersentralisasi (koleksi informasi, diagnostic)



5. Penjelasan tentang  Switch
switch adalah device sederhana yang juga berfungsi untuk menghubungkan multiple computer. Switch memang identik dengan HUB, tetapi switch lebih cerdas dan memiliki performa tinggi dibanding hub. Switch mengirim paket data langsung ketujuan yang dituju pengirim, kecepatan transfer data tetap karena yang dituju hanya 1 tujuan.

Secara tipikal berikut kelebihan dari switch :

a.       Mampu menginspeksi paket – paket data yang mereka terima

b.      Mampu menentukan sumber dan tujuan paket yang melaluinya

c.       Mampu mem – forward paket – paket dengan tepat



Switch dibagi menjadi 2 tipe utama, yaitu switch layer-2 dan switch layer-3. Switch layer 2 bekerja pada layer datalink model OSI dan berdasarkan teknologi bridging. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan pada alamat MAC. Switch layer 3 beroperasi pada layer-3 dari OSI model dan berdasarkan teknologi routing. Switch seperti ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan. Switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan  - jaringan yang berbeda dalam suatu internetwork. Switch ini terkadang disebut switch routing/ switch multilayer.


1.                                                                                     

 
6. Penjelasan tentang Repeater
 Repeater bekerja meregenerasi/ memperkuat sinyal – sinyal yang masuk. Pada Ethernet kualitas transmisi data hanya dapat bertahan dalam range waktu & jangkauam terbatas, yang selanjutnya mengalami degradasi. Repeater akan berusaha mempertahankan integritas sinyal & mencegah degradasi sampai paket – paket data menuju tujuan. Repeater ini sendiri juga harus terdapat 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) & untuk menyebarkan lagi sinyal wifi (ACCESPOINT). Kelemahan repeater, adalah pada perangkat ini tidak dapat melakukan filter traffic jaringan.

Fungsi repeater adalah ;

a.       Untuk mengover daerah – daerah yang lemah sinyal dari server (pemancar)

b.      Untuk memperjauh sinyal dari server (pemancaran)

c.       Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server




7. Penjelasan tentang Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk memecahkan jaringan yang besar. Bridge bekerja pada layer data link dari model OSI. Bridge bekerja dengan mengenali alamat MAC asal yang mentransmisi data ke jaringan & secara otomatis membangun sebuah table internal. Table ini  berfungsi untuk menentukan ke segmen mana paket aka di route dan menyediakan kemampuan filtering. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan 2 buah media jaringan yang berbeda, seperti kabel UTP dengan kabel serat optic.

 
1.     8. Penjelasan tentang Router

Router merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan 1 jaringan dengan jaringan yang lainnya untuk mendapatkan route (jalur) terbaik. Router ini sendiri merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3 (Network layer), yang berfungsi untuk memindahkan paket - paket antar jaringan menggunakan alamat logikanya. Router memiliki table routing yang melakukan pencatatan terhadap semua alamat jaringan yang diketahui & lintasan yang mungkin dilalui serta waktu tempuhnya. Router bekerja hanya jika protocol jaringan yang dikonfigurasi adalah protocol yang routable seperti TCP/IP atau IPX/SPX. Ini berbeda dengan bridge yang bersifat protocol independent.



1.    9. Penjelasan tentang Gateway

Gateway adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan 1 jaringan computer dengan 1/ lebih jaringan computer yang menggunakan protocol komunikasi yang berbeda, sehingga informasi dari 1 jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan computer lain yang  protokolnya berbeda. Karena pada sebuah gateway berfungsi untuk mengatur lalu lintas paket data antar jaringan, maka di dalamnya bisa dipasangi mekanisme pembatas/ pengamanan (filtering) paket – paket data. Mekanisme semacam ini disebut Firewall.









.......................................................................................................................................................................
Sumber  Materi, by :

2. http://disconnected32.wordpress.com/2008/09/22/pengenalan-jaringan/
4. http://disconnected32.wordpress.com/2008/09/22/pengenalan-jaringan/
5. http://zalers.blogspot.com/2009/05/pengertian-server.html
6. http://kikizahara.wordpress.com/2011/03/01/pengertian-nic-repeater-hub-switch-router-bridge/
7. http://ariefew.com/internet/proxy-gateway-firewall/
8. Dikutip juga dari buku modul LAN SMKN 8 Malang Semester II
 

1.










0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 febi kurnia dinanty. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.